Siaga Banjir BPBD feat RZ Bekasi

 

Karena Relawan itu harus berbekal, Kalimalang Bekasi (12/12). Pada Kesempatan ini BPBD ( Badan Penanggulangan Bencana Daerah ) Kota Bekasi memberikan perbekalan yang amat penting mengenai siaga banjir kepada Relawan Rumah Zakat. Karena menguasai air tidak hanya butuh mental, tetapi juga butuh pengetahuan bagaimana kita bertindak di dalam air. Ketua Koordinator Satuan Relasi Cepat BPBD, Ahmad Dumiyati mengatakan bahwa terdapat 71 titik banjir di Bekasi, sedangkan BPBD hanya memiliki tim sebanyak 60 orang oleh karena itu perbekalan mengenai Siaga Banjir ini harus didapat oleh Relawan Rumah Zakat yang menjadi partner untuk BPBD Kota Bekasi dalam penanganan Banjir.

DSC_0803
Penggunaan APD

Diawali dengan doโ€™a dan pemanasan untuk kelenturan tubuh sebelum melakukan aktivitas, sebanyak 35 relawan Rumah Zakat mendapatkan pengarahan untuk menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) selama di air yang meliputi Helm, Pelampung dan Sandal Gunung atau Sepatu Katak. Penggunaan Alat Pelindung Diri harus dipastikan aman sebelum melakukan water rescue seperti pelampung harus posisi kencang yang tidak mengganggu pernafasan, helm terikat dengan baik dan sandal atau sepatu tidak longggar.

Sebagai awalan pengenalan terhadap air, Relawan Rumah Zakat diminta untuk terjun langsung merasakan air sepanjang Kalimalang dengan melompat dari jembatan Rumah Sakit Mitra Keluarga, Bekasi. Relawan Rumah Zakat dengan antusias mengantri untuk melakukan terjun dengan memperhatikan arahan yang disampaikan BPBD Kota Bekasi, ketika terjun kaki tetap berada posisi tegak lurus, tangan kanan menutup hidung menghindari air masuk dan tangan kiri berada di pundak sebelah kanan.

 

BPBD Kota Bekasi juga memberikan pengarahan mengenai mendayung. Mendayung seperti yang kita ketahui adalah hal yang biasa dilakukan untuk melakukan water rescue ketika banjir. Namun, tidak semua orang memahami cara mendayung dengan benar karena mendayung dengan cara yang tidak benar dapat membuat otot tangan keram atau bahkan alat dayung menghantam wajah karena cara menggunakan yang tidak benar. Tidak hanya simulasi bagaimana mendayung dengan benar, Relawan Rumah Zakat juga diajak untuk melakukan simulasi ketika ada korban dan harus melakukan water rescue dengan cara melemparkan tali pengait untuk korban dapat mendekat ke arah perahu dan juga mengangkat korban dari air ke dalam perahu.

Terdapat beberapa jenis mendayung untuk melakukan water rescue di antaranya adalah Mendayung 40 Putaran, yaitu mendayung dengan membuat pusaran air dan gelombang yang fungsinya mengangkat mayat yang berada di dasar air. Selama tahun 2009, BPBD telah menemukan 50 mayat yang terdapat di sepanjang kali Bekasi. Artinya, kemampuan mendayung semacam ini penting untuk dimiliki oleh Relawan jika berada di air karena bagaimanapun keadaannya mayat harus dicari dan diangkat salah satunya dengan menggunakan metode Mendayung 40 Putaran.

Sebagai penutup, BPBD Kota Bekasi yang diwakili oleh Ahmad Dumiyati menyampaikan kegiatan latihan bersama sangat baik untuk dilakukan karena tidak semua orang memiliki jiwa relawan karena bencana tidak pernah dapat dipesan maka siaga kita adalah yang dipertaruhkan. Oleh karena itu, setiap Relawan berkewajiban mendapat perbekalan untuk dapat terjun membantu masyarakat yang membutuhkan. Jika kita saling mengenal antara BPBD dan Relawan Rumah Zakat kita dapat berbagi tugas sesuai dengan potensi yang kita miliki untuk membantu di lapangan, untuk yang tidak mahir di air dapat membantu evakuasi korban di darat, jika yang sudah mahir dapat membantu di SAR. Harapan ke depannya komunikasi dan koordinasi BPBD dengan Relawan Rumah Zakat semakin baik dan Relawan Rumah Zakat dapat mengirimkan minimal 2 regu untuk bergabung dengan kami di setiap latihan.

 

(Octaviana Wulandari,S.KM)

 

 

 

Advertisements

2 thoughts on “Siaga Banjir BPBD feat RZ Bekasi”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s