Looking Back

Looking back to make a next best year 😉

With hope, tears and love 2013 passed away. Memang benar pepatah yang mengatakan tulislah apa yang akan dilakukan dan lakukan apa yang dituliskan. Atau visualisasikanlah apa yang menjadi harapan kelak kau akan mendapatkannya. Walaupun semua itu tak akan terjadi jika tanpa ACTION. Dan inilah meski terlihat sederhana ketika resolusi tercapai, sesederhana apapun tetap membuatnya ada kepuasan tersendiri karena dapat mengalahkan ego untuk sekedar mengatakan `I can’t`. Yiiip!!! 😀

√ Participating International Competition

Akhirnya baru berkesempatan berbagi yang saat itu banyak teman yang kaget karena perihal keberangkatanku yang terkesan diam-diam. Sebenarnya bukan diam-diam tapi terlampau sibuknya kami dengan final project saat itu. Banyak hal yang diperjuangkan bahkan ditengah masa penelitianku saat itu 😉 just need Action, you can grab them smoothly!

Finally Here, Taichung
Finally Here, Taichung
AISC Taiwan
Presenting Time

Lunch

Chiang Kai Sek, Taipei

Chiang Kai Sek, Taipei

Graduation on August 2013

Sekedar pembuktian sejak lama, kalau ternyata skripsi itu tak menakutkan seperti kata kebanyakan orang 😀 walaupun tak jarang pun menangis karenanya. Bukan jalan tanpa hambatan juga, karena ini bagian dari konsekuensi ketika tahun 2013 teman-teman just focus on final project dan aku mengambil keputusan untuk pergi melalangbuana but fortunately hampir selalu aku start lebih awal untuk melakukan pekerjaan dibanding teman-teman 😛 sehingga ada kekuatan tersendiri ketika menghadap dosen wali untuk bilang “Maaf Ibu, saya mau cuti libur dulu 1 1/2 bulan dari penulisan skripsi”. Walau tidak sedikit yang mencibir mengherankan dengan keputusanku “sibuk-sibuknya skripsi kok malah ngeluyur” dan finally galau pun menghampiri ketika sesampainya di Indonesia kembali. What! Aku sudah tertinggal banyak step dari teman-teman. Dengan menghadap kembali ke dosen wali 😥 aku lapor kembali, “Ibu, saya akan mengejar tertinggalan dari teman-teman! Saya ingin wisuda Agustus” dan seperti biasa dosen wali tersayang ini selalu mendukung dan berkomentar singkat “why not? You can!”. Singkat cerita, setiap hari dan putaran detik yang berlalu adalah momok deadline yang menakutkan. Ah 😥 paketan dariNya begitu lengkap ujian dan pertolongan.

 And with tears Here

My classmate graduating on August 2013
Graduation Day
Airlangga Convention Center

Join to Government Project

Merasakan menjadi susahnya orang susah, rumitnya birokrasi dan realita negeri. Memang di sini tempatnya, Center of Public Policy ditempatkan di Madiun dan Ponorogo selama 2 bulan untuk mengevaluasi pelayanan pendidikan dan kesehatan rasanya sudah cukup dapat belajar objektif terhadap pemerintah. Terlampau banyaknya sudah bantuan yang dialirkan tapi masih dirasa tak cukup, sebenarnya bukanlah semata input yang diberikan jauh dari kata cukup, melainkan evaluasi yang ada di bawah yang kurang terejawantahkan. Bahkan satu hal yang paling ku ingat dari obrolan dengan bapak perangkat suatu desa kala itu “Sangking banyaknya bantuan jadi sekarang, warga berlomba-lomba menjadi miskin mereka tidak mau bangkit untuk merubah keadaan keluarga, menampakkan kesulitan sehingga dapat dengan mudah mendapat bantuan” ah miris bukan? 🙄

Training
Suplement
My super team with `perangkat`
My super team with `perangkat`

Setiap darinya terurai cerita cinta yang bermakna 🙂 tersimpan memori dan berbekas hikmah. Kepada mereka dimanapun berada, akan ku ingat kalian dalam do’a.

Aku tidak akan meratapi kegagalan di ujung ikthiar terbaik, juga tidak akan berbangga dengan keberhasilan yang tidak direncanakan.

(Harun Al-Rasyid)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s