Rahasia dibalik Penciptaan Teknologi

             Al-Qur’an dengan Ilmu Pengetahuan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan bagi orang – orang yang berakal. Orang yang berakal adalah orang yang berilmu dan menyadari bahwa kekuasaan-Nya di bumi telah tertera jelas di dalam Al-Qur’an. Al-Qur’an adalah petunjuk untuk insan yang senantiasa beriman kepada Allah bukan hanya petunjuk dalam hal ubuddiyah, melainkan petunjuk dalam segala hal mulai dari ekonomi, psikologis-sosial, biologis, hukum  dan sebagainya. Banyak yang dapat dikaji dan kita dapatkan dalam Al-Qur’an jika kita dapat meletakkan Al-Qur’an sebagai kitab suci yang kita cintai yang setiap genggaman tangan kita pada Al-Qur’an senantiasa meningkatkan kita pada taqarrub ilallah (mendekatkan diri kepada Allah).

            Banyak kemajuan teknologi yang telah dicapai oleh manusia didasarkan dengan standar isi Al-Qur’an. Dalam hal ini mengenai penciptaan lumba-lumba oleh Allah SWT dengan perancangan desain teknologi canggih yang bernama kapal selam. Lumba-lumba adalah hewan laut yang paling cerdas, ramah, mengerti perintah dan dapat mematuhi perintah dengan cara yang baik. Dalam bentuk dan kelakuannya yang lucu ternyata lumba-lumba diciptakan oleh Allah dengan sangat luar biasa. Di setiap organ pembentuk sistem tubuhnya mengandung makna yang sulit dijangkau oleh pemikiran manusia dan rahasia di balik sistem tubuhnya dapat diterapkan dalam kemajuan teknologi. Mulai dari desain tubuh hidrodinamis, sistem sonar sampai dengan mata yang menakjubkan dimana lumba-lumba dapat melihat jelas di kedalaman air 3000 km.

           Hal itu dapat dikaji secara luas dan diterapkan dalam kemajuan teknologi abad ini. Kemajuan teknologi modern yang mengadospi sistem tubuh lumba-lumba dan cara kerjanya ialah kapal selam. Para ilmuwan membutuhkan bertahun-tahun untuk meneliti tubuh lumba-lumba sehingga dapat menciptakan kapal selam yang cara kerjanya hampir sesempurna lumba-lumba. Satu kajian sistem dalam lumba-lumba yang diadopsi oleh rancangan desain kapal selam adalah desain kulit  lumba-lumba. Para perancang kapal selam menginginkan kapalnya memiliki daya tahan yang baik serta kuat dalam kondisi apapun, adapun tantangan pembuatan kapal selam selama ini adalah dalam melawan arus gelombang yang besar. Untuk mendapatkan kapal selam yang kuat melawan arus gelombang harus memperhatikan besar kekuatan gaya hambat yang dimiliki kapal selam, semakin tinggi kecepatan kapal maka akan semakin tinggi pula gaya hambatan yang timbul. Untuk itu para ahli hidrodinamika melakukan berbagai penelitian untuk menciptakan gaya hambatan seminimal mungkin untuk kapal selam.

        Bukanlah hal yang sulit untuk lumba-lumba berenang dengan kecepatan tinggi dengan gaya hambat yang kecil karena Allah menciptakan segala sesuatunya berdasarkan apa yang diperlukan oleh ciptaan-Nya. Desain tubuh lumba-lumba yang hidrodinamis membuat lumba-lumba memiliki gaya hambatan yang rendah ketika berenang menelusuri laut, sehingga lumba-lumba dapat dengan mudah berenang dengan kecepatan tinggi tanpa terdengar suara riuh dari gesekan tubuhnya dengan air. Hal ini dapat terjadi diakibatkan oleh adanya sistem kulit tubuh lumba-lumba yang dilengkapi dengan lapisan tipis di permukaan tubuhnya ketika lumba-lumba berenang dengan kecepatan yang tinggi. Lapisan tipis yang terbentuk di permukaan kulitnya berfungsi sebagai lapisan penghalang yang mengakibatkan gelombang yang terbentuk di lapisan permukaan kulit bergerak berlawanan arah dengan gerak turbulensi, sehingga lumba-lumba memiliki daya kelenturan yang besar ketika berenang dengan kecepatan tinggi. Dan akhirnya setelah 4 tahun melakukan penelitian terhadap kulit lumba-lumba para Insinyur Kapal selam Jerman menirunya dan mengaplikasikannya dalam pembuatan kulit luar kapal selam sehingga kecepatan kapal selam meningkat 250% dari sebelumnya.

            Sungguh tiada hal yang diciptakan dengan ketidaksengajaan, penciptaan mahluk-Nya yang menakjubkan adalah bukti dari ke Maha Besaran-Nya yang patut kita syukuri, pelajari dan aplikasikan dalam hal peningkatan khasanah ilmu pengetahuan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s